-->

Kamis, 22 Agustus 2024

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian, Inilah 12 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

https://www.pexels.com/photo/flat-lay-photography-of-vegetable-salad-on-plate-1640777/

Diantara banyaknya nutrisi yang harus Anda penuhi, protein menjadi salah satu gizi yang diperlukan tubuh karena memiliki segudang manfaat. Kebutuhan harian protein harus selalu terpenuhi agar tubuh Anda tetap berenergi dan sehat. Inilah kenapa Anda harus tahu apa saja pilihan makanan yang mengandung protein tinggi.

Jangan dianggap sepele, ternyata jika Anda kekurangan protein bisa meningkatkan risiko terkena sejumlah penyakit dan infeksi. Namun jangan khawatir, karena ada banyak sumber protein yang bisa Anda konsumsi.

Kenapa Harus Mengonsumsi Protein?

Faktanya protein akan mendukung proses diet yang Anda jalani. Konsumsi protein mampu meningkatkan rasa kenyang, sehingga membantu mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan.

Fungsi protein yang selanjutnya adalah berguna untuk memelihara jaringan tubuh. Protein sendiri berperan dalam menyusun semua sel tubuh, termasuk otot. Bagi Anda yang sedang dalam tahap pembentukan otot, protein adalah nutrisi yang tidak boleh diabaikan.

Selain itu, protein adalah salah satu nutrisi penting selama kehamilan. Protein diperlukan untuk menjaga sumber energi agar bumil tetap fit. Kekurangan protein justru menyebabkan bumil merasa lemah dan berisiko mengalami anemia.

12 Pilihan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Jika dilihat dari manfaatnya, sudah dipastikan kalau protein sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda. Nah, untuk memenuhi kebutuhan protein harian, maka Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein, baik dari hewani maupun nabati.

1. Dada Ayam

Sebagai makanan yang mengandung protein tinggi, dada ayam memang populer di kalangan orang yang ingin menjaga berat badan tetap ideal. Satu porsi dada ayam tanpa kulit berisi 31 gram protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

2. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein terbaik dan paling mudah didapatkan. Setiap butir telur mengandung sekitar 6 gram protein dan hampir seluruh bagian proteinnya terdapat dalam putih telur. Anda bisa menyajikannya dengan berbagai pilihan makanan sehat lainnya.

3. Ikan Salmon

Salmon dikenal sebagai ikan yang kaya akan protein serta asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Dalam 100 gram salmon, terdapat sekitar 20-25 gram protein. Selain itu, salmon juga mengandung vitamin D dan B, serta selenium dan magnesium.

4. Daging Sapi

Daging sapi adalah makanan yang mengandung protein tinggi hewani yang bisa Anda konsumsi. Dalam setiap 85 gram daging sapi mengandung 21,3 gram protein, menjadikannya pilihan yang baik untuk Anda yang membutuhkan asupan protein tinggi.

5. Keju Cottage

Keju cottage merupakan produk olahan susu yang rendah lemak namun tinggi protein. Anda bisa mendapatkan 28 gram protein dari 226 gram cottage cheese. Sumber protein tersebut juga cocok untuk dijadikan camilan sehat atau tambahan dalam salad dan smoothie.

6. Kacang Almond

Suka kacang-kacangan? Cobalah konsumsi kacang almond yang kaya akan protein dan lemak sehat. Dalam setiap 100 gram almond, terdapat sekitar 21 gram protein. Selain itu, almond juga mengandung serat, vitamin E, magnesium, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

7. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe mudah ditemukan di pasar, apalagi dengan harganya yang terjangkau. Ternyata kedua makanan yang mengandung protein tinggi nabati tersebut mengandung protein yang tinggi, kalsium, zat besi, dan vitamin B.

8. Greek Yoghurt

Selain enak, Greek yoghurt juga memiliki kandungan protein lebih tinggi dibandingkan yogurt biasa. Dalam 200 gram Greek yogurt, terdapat sekitar 15-20 gram protein sekaligus probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

9. Quinoa

Biji-bijian tinggi protein yang satu ini kaya akan protein nabati lengkap dan asam amino esensial. Dalam setiap 100 gram quinoa, terdapat sekitar 14 gram protein. Selain itu, quinoa juga kaya akan serat, folat, dan seng yang lebih tinggi dibandingkan biji-biji lainnya.

10. Edamame

Edamame adalah kacang kedelai muda yang kaya akan protein dan serat. Dalam setiap 155 gram edamame, terdapat sekitar 18 gram protein. Edamame juga cocok dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet karena merupakan camilan yang sehat.

11. Oat

Oat memang terkenal sebagai makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam setiap cangkirnya, oat menawarkan 10,9 gram protein yang mampu memenuhi kebutuhan harian Anda. Makanan ini juga bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat kompleks.

12. Udang

Ternyata satu ons udang mengandung 24 gram protein dan 99 kalori yang bisa menjadi pilihan makanan untuk Anda. Tidak hanya itu saja, udang juga rendah lemak namun kaya akan berbagai nutrisi lainnya seperti selenium, omega-3, dan vitamin B12.

Nah, diantara sejumlah makanan yang mengandung protein tinggi, daging sapi menjadi sumber nutrisi yang enak dan baik untuk tubuh. Selain itu, daging sapi juga bisa diolah menjadi banyak makanan enak, salah satunya steak.

Tidak perlu repot mengolahnya, kini Anda bisa datang langsung ke Steak Hotel by Holycow yang menawarkan cita rasa luar biasa. Tentunya steak dari Holycow dihidangkan tanpa menghilangkan kandungan protein yang ada didalamnya.

Dengan pilihan daging terbaik dan pengolahan yang sempurna khas founder Holycow Wynda Mardio, Anda bisa merasakan kelezatan steak premium yang menggugah selera. Jangan ragu untuk mencicipi steak dari Holycow yang asli dan nikmati pengalaman makan yang tak terlupakan dan tentunya kaya akan protein.

 

Referensi:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/mengenal-fungsi-protein

https://www.alodokter.com/fungsi-protein-penting-mendukung-tubuh-siap-beraktivitas

https://www.frisianflag.com/milkpedia/nutrisi-dan-kesehatan/makanan-tinggi-protein

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/10-makanan-sumber-protein-tinggi/






Baca Artikel Terkait: